Pemkot Malang (MAN 2 Kota Malang) — Tari Saman dari Ma’had Al Qalam MAN 2 Kota Malang tampil memukau pada penampilan tunggal pada Pra Upacara Hari Santri Nasional yang diadakan oleh Pemerintah Kota Malang. Agenda dalam rangka rangkaian peringatan Hari Santri 2023 itu dipusatkan di Balaikota Malang pada Senin, (23/10/2023) pagi.

Pembina Ma’had Al Qalam MAN 2 Kota Malang Dr. H. Samsudin, M. Pd mengatakan, merasa sangat bangga terhadap santri-santrinya karena mampu tampil dengan baik pada acara di Hari Santri Nasional dengan disaksikan pejabat pemerintah dan organisasi masyarakat dan perwakilan para santri.

” Alhamdulillah, hal ini merupakan penghormatan bagi lembaga kami ditunjuk untuk tampil di acara besar yang digelar Pemkot Malang, ” Ucap Kamad.

Menurutnya, bahkan penampilan Tari Saman ini sejarah bagi santri Ma’had Al Qalam MAN 2 Kota Malang untuk bisa tampil dan bisa mengambil peran di hari momentumnya para Santri di Indonesia,” kata Kamad usai mengikuti Upacara.

Ia menambahkan, hal ini merupakan suatu kehormatan untuk Ma’had karena telah dipercayai oleh Pemkot Malang untuk menampilkan Tari Saman, dari sekian banyaknya Pondok Pesantren atau Ma’had yang ingin tampil di acara tersebut.

“Penampilan tari saman ini merupakan salah satu kegiatan extra yang sangat baik bagi para santri mahad Al qalam untuk mencintai karya seni nusantara, sehingga menjadikan para santri menjadi wasilah untuk semakin mencintai budaya nusantara, ” ujar Kamad.

“Perasaan senang luar biasa bisa jadi bagian dari acara sebesar ini. Ini juga menjadi salah satu kegiatan extra agar santri tidak terlalu jenuh dengan pembelajaran di madrasah, belajar kitab-kitab dan pelajaran agama, dan mereka melampiaskan dengan hal yang positif dengan mencintai Seni Tari Saman,” tambahnya.

Pihaknya berharap, dengan adanya acara HSN 2023 ini dapat menjadi motivasi bagi para santri agar semakin kreatif dalam mengembangkan bakat seni masing-masing.

“Serta, sebagai media penunjang agar berani tampil di depan umum dengan percaya diri untuk lebih baik lagi,” pungkasnya. (Tim Humas)

MAN 2 KOTA MALANG - JUARA PRIMA

Postingan Terkait